BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 05 November 2008

Olahraga, Menurunkan Berat Badan

apakan anda kalah dalam pertempuran melawan kegemukan?mungkin kita kurang pede dengan tubuh gemuk. Apalagi seorang wanita, biasanya wanita akan sibuk dengan dietnya ketika tubuhnya merasa gemuk. Kemngkinan besar anda tidak akan dapat mempertahankan penurunan berat badan anda. Untuk menjadi tetap langsing diperlukan dedikasi yang besar. Orang-orang yang tidak mau berolahraga tidak memenuhi janjinya sendiri dan biasanya tidak mau mengubah cara hidup mereka. Akibatnya, mereka lebih mungkin untuk kembalike kebiasaan makan yang lama.

Apakah olahraga dapat membantu anda mengatasi masalah kegemukan?

Mungkin pertanyan itu selalu terbayang di benak anda. Banyak orang yang menjadi kecil hati untuk berolahraga ketika mereka mengetahui bahwa untuk menurunkan berat 1 pon mereka harus berlari selama 4 jam, bermain sepatu luncur di atas es selama 9 jam, bermain bola voli 10 jam, atau berjalan kaki 17 jam. Tetapi anda tidak perlu melakukan olahaga tersebut sekaligus. Jika anda membagikan jumlah jam tersebut dalam satu atau dua minggu, berat badan anda akan berkurang banyak pada tahun pertama.

Untuk mempunyai program penurunan berat badan anda yang efektif, maka anda harus olahraga. Diet tanpa olahraga pasti mengalami kegagalan karena :

Anda akan kehilagan baik otot maupun lemak. Pada tahun 1915. Dr. F. G. Benedict dari massacutts general hospital memperlihatkan bahwa 25% dari penurunan berat melalui pembatasan makanan disebabkan karena kehilangan jaringan otot. Jadi setelah berat badan anda berkurang, otot andapun menjadi lebih sedikit. Jika dan bila anda mulai menerima kalori lebih banyak daripada yang anda bakar, pertumbuhan berat badan anda akan seluruhnya di sebabkan oleh lemak. Hasilnya : lemak tubuh akan lebih banyak daripada semula, dan secara proporsional anda akan mempunyai lebih banyak lemak daripada otot. dengan berkurangnya jumlah otot untuk membawa berat badan anda yang mungkin bertambah, anda akan menjadi lebih tidak aktif dan makin bertambah gemuk.

Anda tidak selapar dahulu

ada akan merasa lapar ketika kadar gula turun dengan cepat. bila anda berlahraga secara teratur, kadar gula darah akan tidak jauh berfluktuasi. inilah alasanya : selama berolahraga, tubuh anda memobolisasi lemak ke peredaran darah. secara proporsional, otot otot anda lebih banyak mengunakan lemak dan tidak mengambil gula yang sama banyaknya dari peredaran darah.

Tubuh anda menyerap lebih banyak kalori

ketika anda berolahraga, makanan yang anda makan akan sampai kedalam usus dengan cepat. menurut istilah medisnya, paristaltik meningkat.para pelari maraton mengetahui bahwa makanan dapat melalui sestem tersebut dalam waktu sekurang-kurangnya 4 sampai 6 jam. waktu perjalanan untuk kebanyakan orang biasanya 12-24 jam.

selama beberapa jam setelah anda berhenti berolahraga, tubuh anda terus membakar kalori

Dr. Herbert de Vries telah memperlihatkan bahwa peingkatan kecepatan metabolisme yang terjadi setelah berolahraga pada sorang olahragaan rata-rata dapat menurunkan berat badan 5 pon dalam setahun.

selama tiga minggu pertama atau lebih dari program olahraga, mungkin berat badan anda tidak turun satu pon pun. jangan berkecil hati, beberapa peneliti menunjukkan bahwa ketika anda mulai berolahraga untuk membongkar lemak, tubuh anda menahan air. tetapi setelah beberapa munggu, anda akan mengeluarkan air ekstra tersebut kedalam air seni dan berat badan anda menurun dengan cepat, kadang kadang sampai 5 pon sehari.

so, jangan menyerah untuk berolahraga. jogging secara teratur merupakan salahsatu solusi terbaik jika anda ingin menurunkan berat badan tidak daat meluangkan banyak waktu untuk berolahraga. dalam majalah runner's word meneliti 80 pelari yang usianya di atas 40 tahun. hasilnya cukupmengejutkan rata-rata mereka turun 6kg dari sebelum mereka melakukan olahraga lari.selamat berolahraga...!

0 komentar: